Sunday, February 26, 2012

Alternatif Santan Kelapa Cair sudah Tersedia Saat ini

Dari APCC Cocommunity Newsletter, Desember 2011
Menggunakan santan kelapa tidaklah sulit atau membutuhkan proses waktu lagi bagi siapa saja yang ingin memasukkan kelapa dalam menu rutin mereka. Bubuk santan kelapa kering berbentuk spray saat ini sudah tersedia, praktis dengan kemasan yang dapat langsung dipakai dan mempunyai kesegaran yang sama dengan santan kelapa segar. Produk ini dapat bertahan lama dan praktis untuk digunakan. Produk ini dapat menggantikan santan kelapa segar untuk mempersiapkan makanan/minuman untuk rumah tangga dan industri makanan dengan cara mencampurnya dengan air. Central Food Technological Research Institute, Mysore, di India yang mendapatkan bantuan keuangan dari Badan Pengembangan Kelapa (Coconut Development Board (India) telah mengembangkan teknologi untuk semprot-kering santan kelapa bubuk yang dijual kepada pengusaha dengan biaya Rs.5 lakhs. Secara rata-rata, dari duapuluh ribu kelapa dapat dibuat satu ton bubuk santan kelapa semprot-kering. Produk ini mempunyai potensi pasar yang besar di India dan di pasar internasional.


Langkah pertama dalam proses ini adalah membelah kelapa yang sudah dikupas menjadi dua bagian. Daging kelapa kemudian dikeluarkan dari batoknya. Proses di atas biasanya dilakukan secara manual. Biji/daging dicuci dan kemudian diputihkan dengan merendam ke dalam air panas dengan suhu at 80C selama 10 menit.

Langkah berikutnya adalah menumbuk daging pada jeruji kecil dengan menggunakan palu. Tujuannya adalah untuk memeras sari santan. Jeruji digunakan untuk menekan dengan memakai sekrup untuk memeras sari santan. Santan yang dihasilkan kemudian disaring melalui jaringan vibrasi. Santan kemudian di homogenitasi dan dicampur dengan maltodextrins and dan emulsi lainnya di dalam tangki pencampuran. Santan yang sudah dicampur tersebut kemudaian dikeringkan dengan semprot-kering menjadi bubuk santan yang halus dengan penggunakan semprotan pengering. Produk kemudian dikemas ke dalam paket kertas aluminium dengan berat berbeda sesuai dengan permintaan pelanggan. (Indian Coconut Journal)
Sumber:http://coconutmic.com/id/berita-industri/141-alternative-to-liquid-coconut-milk-now-available

0 comments:

Popular Posts